Rumput Laut Kering Bertahan di
Harga Rp 10.500 per kg

Sanami Petani Rumput Laut panen bersama ibundanya/foto hendra

Masih berlangsungnya musim hujan dan cuaca yang ekstrim di Madura, membuat harga rumput laut masih berada di kisaran Rp 10 ribu 500 rupiah perkilogram, dalam kondisi kering. Namun dengan kondisi basah hanya sekitar Rp2 ribu hingga Rp 3.500 perkilogram. Jika memasuki musim kemarau harga rumput bisa turun 7 ribu rupiah perkilogram kering.

Sanami salah satu petani rumput laut di pantai Jumiang Pademawu Pamekasan bilang, ketika hujan dan cuaca ekstrim harga rumput laut kering bisa jadi mencapai Rp 11 ribu perkilogram. Kondisi ini karena produksi rumput laut sulit, terganggu akibat gelombang laut dan susah dikeringkan.

“Ya ini saja sudah untung bisa di panen dengan utuh, sebab jika hujan dan angin kencang, rumput laut bisa rontok atau terbawa arus laut, jadi rugi kita makanya segera di panen dan Alhamdulillah lumayan,” ujarnya Sanami dengan bahasa Madura yang kental.

Sekali panen rumput laut basah, rata-rata hanya seberat 30 kilogram yang sudah siap dibeli para pengepul.

“Rata-rata petani disini sudah langsung dibeli para pengepul, jika beruntung bisa dapat 50 kilogram yang dipanen 2 minggu sekali jika usia rumput laut sudah lebih dari 1 bulan setengah,” ujar Sanami diiringi senyumnya saat mengumpulkan rumput laut bersama sang bundanya. (Hendra/karimatafm.com)

Sumber: Karimata FM

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home